Pengelolaan Sumber Daya Alam

Posted by Diposkan oleh QUANTUM INFESTA On Rabu, Mei 26, 2010

 Pengolahan SDA Hutan di Indonesia
Oleh : Rikma R (Mahasiswa Mahasiswa STMIK AMIK BANDUNG)
Tanggal : Selasa, 25 Mei 2010

SERING kita mendengar Guru yang mengajar IPS atau IPA menerangkan bahwa SDA adalah potensi sumber daya yang terkandung dalam bumi, air dan dirgantara baik Hayati maupun Biotik  yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kepentingan pertahanan negara.
Sumber daya alam itu sendiri merupakan salah satu Faktor Penunjang Pembangunan di suatu negara. Erat kaitannya SDA dengan Lingkungan Hidup karena keduanya mempunyai ikatan dan saling berperan penting. Dikatakan demikian karena SDA menyediakan sesuatu yang didapat dari Lingkungan Manusia itu Hidup, Berinteraksi dan beraktivitas.
   
Sering kali manusia mengeksploitasi SDA karena untuk memenuhi kebutuhan Hidup tanpa pelestarian karena orientasi pada pemenuhan kebutuhan sebagai mahkluk ekonomi mereka mengesampingkan Dampak Negatifnya. Seperti halnya HUTAN yang terjadi dewasa ini adalah penebangan legal maupun ilegal, tanpa penanaman kembali Hal ini berdampk pada Hutan Gundul dan mengakibatkan mata air tidak terserap terjadilah bencana Banjir.

Kita sepatutnya bersyukur karena Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam yang tersebar di seluruh Kepulauan. Sebagai salah satu negara yang memiliki sumber kekayaan alam hutan terbesar di dunia dengan angka 140 juta kawasan hutan tropis, Indonesia tidak bisa dipungkiri merupakan kawasan hijau dunia yang sangat turut menentukan iklim dunia.

Hutan bagi Indonesia adalah sumber kekayaan alam yang sangat penting yang sekaligus merupakan sumber kekayaan genetika, yang pada dasarnya merupakan mesin pemroses raksasa udara dunia. Lebih jauh di Indonesia hutan merupakan sumber kebudayaan bagi komunitas yang ada di dalam sekitar hutan, dimana sekitar 80-95 juta jiwa komunitas hidup didalamnya. Pada skala kewilayahan, hutan Indonesia adalah 70 % dari luas wilayah daratan.
   
Alangkah lebih baik jika Hutan yang kita punya dilestarikan. Ada beberapa contoh yang bisa kita bisa ambil manfaatnya dari HUTAN misalnya:
  1. Dibuat cagar alam yang berguna melestarikan Margasatwa dan tumbuhan yang ada didalamnya.
  2. Dibuat Hutan Produksi dimana Pengolahan Hutan untuk ditanami Pohon � pohon yang bisa diambil manfaatnya yang mempunyai nilai ekonomis misalnya saja Karet.
  3. Hutan Lindung untuk menjaga kesuburan tanah, mengatur tata air untuk menghadapi pemanasan Global dewasa ini.
Ketiga paparan di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak manfaat HUTAN yang bukan Cuma bisa di eksploitasi.Untuk pengolahan Hutan di Indonesia bukan hanya menjadi Tugas dari pada pemerintah yang memang memegang peranan penting, kita pun sebagai Mahkluk yang sama- sama memanfaatkan SDA haruslah bisa menjaga dan melestarikan, mengolah serta menggunakannya SDA dengan Bijak.(*)

Rikma R (Mahasiswa Mahasiswa STMIK AMIK BANDUNG)  

by teakinv

0 komentar

Posting Komentar

Anda punya komentar tentang posting ini